Monthly Archives: October 2017

1 2 3 6

Tak Lagi ke China, “Zaman Now” Tuntut Ilmu Sampai ke Negeri Belanda!

Secara harfiah, menuntut ilmu kini tak sebatas ke Negeri China yang notabene masih berada dalam zona benua Asia, tetapi semakin meluas hingga ke benua Eropa, misalnya saja Belanda.

Negara yang berada di wilayah barat laut benua Eropa ini memang menjadi tujuan studi favorit bagi para pelajar dunia. Lembaga nonprofit di bidang pendidikan tinggi Belanda, Nuffic Neso Indonesia, bahkan menyebut bahwa 1 dari 10 siswa di Belanda adalah mahasiswa internasional.

Belanda tercatat memiliki lebih dari 112.000 mahasiswa internasional. Dari jumlah ini, sekitar 1.600 di antaranya adalah mahasiswa asal Indonesia. Jadi, apa yang membuat mahasiswa kepincut dengan Negeri Kincir Angin tersebut? Berikut ulasannya.

Holland Scholarship juga mendukung 768 mahasiswa Belanda untuk mendapatkan bantuan biaya untuk kuliah, magang atau melakukan riset di negara di luar area Ekonomi Eropa selama minimal tiga bulan.
Holland Scholarship juga mendukung 768 mahasiswa Belanda untuk mendapatkan bantuan biaya untuk kuliah, magang atau melakukan riset di negara di luar area Ekonomi Eropa selama minimal tiga bulan.

1. Program Internasional

Universitas-universitas di Belanda menawarkan program berbahasa Inggris yang terbesar di benua Eropa, yakni sekitar 2.100 program. Tentu hal ini menjadi kemudahan sendiri bagi mahasiswa asing. Mereka tidak diwajibkan untuk bisa berbahasa Belanda.

Tak hanya itu, 95 persen dari penduduk Belanda rupanya telah mahir berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Hal ini tentu akan membuat pelajar internasional, termasuk pelajar Indonesia, mudah membaur dengan masyarakat lokal.

2. Pendidikan Berkualitas

Kualitas institusi pendidikan Belanda telah diakui dunia. Sebab, pendidikan dan keterampilan yang baik merupakan syarat penting untuk mencari pekerjaan di negara ini.

Menurut OECD Better Life Index, Belanda mendapat angka yang cukup tinggi di atas rata-rata dalam hal pendidikan dan keterampilan ini.

Sistem pengajaran di Belanda bersifat interaktif dan berpusat pada siswa. Mahasiswa tak perlu ragu untuk mengutarakan pendapat dan berpikiran terbuka.

Mereka juga akan dibimbing untuk dapat mengembangkan keterampilan yang sangat berharga, seperti menganalisis, memecahkan masalah praktis, dan berpikir kreatif.

Di sisi lain, biaya kuliah dan biaya hidup di Belanda juga tergolong lebih rendah daripada negara-negara berbahasa Inggris lainnya.

Ditambah lagi, ada begitu banyak beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Belanda, seperti Studeren in Nederland, Netherlands Fellowship Programme, juga Orange Tulip Scholarship.

3. Komunitas Internasional

Seperti disebutkan sebelumnya, Belanda memiliki lebih dari 112.000 mahasiswa internasional. Mereka berasal dari 190 negara berbeda.

Artinya, saat menuntut ilmu dan menetap di Belanda, mahasiswa akan berinteraksi dengan masyarakat global, saling bertukar pikiran, serta mempelajari kebudayaan dari berbagai negara.

4. Negara yang Aman dan Bahagia

Menurut indeks Global Peace 2016, Belanda masuk ke dalam daftar 25 negara teraman di dunia. Tak hanya aman dari tindak kriminalitas, Belanda juga memiliki keamanan tinggi dalam sistem transportasi.

Maka tak heran, Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl, menyarankan agar para pelajar Indonesia mencoba sepeda sebagai alat transportasi saat di Belanda. Selain cepat, sehat, dan murah, bersepeda juga menjadi praktik nyata untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

Di sisi lain, Belanda berada pada posisi enam dalam daftar negara paling bahagia versi World Happiness Report 2017. Memang, secara umum, masyarakat Belanda mengaku puas dengan kehidupan mereka.

Ketika diminta untuk menilai kepuasan umum mereka terhadap kehidupan dalam skala dari 0 sampai 10, orang-orang Belanda memberi nilai 7,3.

640400495910

Bersepeda di Amsterdam, Belanda. Kota ini kabarnya memiliki 800.000-an sepeda. Amsterdam memang terkenal dengan sepeda. Saking banyaknya, perusahaan jasa transportasi sepeda bernama Yellow Bike mengeluarkan ide baru berkeliling Amsterdam, yang disebut Backie.(NOVA DIEN)

5. Jelajah Eropa

Menempuh studi di Belanda akan memberi kesempatan untuk menjelajah daratan Eropa. Hanya dalam tiga jam, kita sudah bisa berfoto di Menara Eiffel, yang menjadi ikon kota Paris.

Sementara itu, perjalanan pergi-pulang menuju London dan Berlin hanya menghabiskan lima sampai enam jam dengan berkereta.

640400495911

Bunga tulip di Almere, Belanda. Berbeda dengan Amsterdam, kota di Provinsi Flevoland ini masih terasa sejuk dan sepi dari pendatang maupun wisatawan.(NOVA DIEN)

6. Berkarier di Kancah Internasional

Belanda merupakan negara dengan perekonomian terbesar ke-18 di dunia. Beberapa perusahaan multinasional besar, termasuk Philips, Shell, dan Unilever, berasal dari Belanda.

Nah, guna menjajal bagaimana berkarier di negara tersebut, Pemerintah Belanda memberikan kesempatan kepada mahasiswa internasional untuk mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuan yang mereka dapat selama kuliah.

Mahasiswa internasional yang telah lulus dari masa studi dapat mengajukan permohonan izin tinggal selama satu tahun untuk mencari pekerjaan atau memulai bisnis di sana.

Masih ada begitu banyak informasi tentang bagaimana serunya kuliah di Belanda yang akan dikupas pada Deutch Placement Day 2017 (DPD 2017). Acara ini akan digelar di dua kota, yakni Surabaya pada Senin, 30 Oktober 2017 dan Jakarta pada Jumat, 3 November 2017.

Dalam pameran pendidikan ini, para calon mahasiswa bisa memperoleh informasi mengenai berbagai beasiswa untuk studi di Belanda, menjajal IELTS Prediction Test, serta mengikuti seminar menulis Motivation Statement.

Menariknya, dalam one-on-one session, pengunjung dapat bertatap muka langsung dengan perwakilan universitas di Belanda, tentu dengan perjanjian terlebih dahulu.

7 Indikator Kebahagiaan Dunia

Siapa yang tidak ingin hidup bahagia? Bukan hanya sekadar bahagia di dunia, tapi yang lebih penting lagi adalah bahagia di akhirat. Itulah doa seorang Muslim, setiap selesai shalat, “Ya Allah, berikanlah kepada kami kebahagiaan hidup di dunia, dan kebahagiaan hidup di akhirat,  dan lindungilah kami dari azab api neraka.”

Terkait dengan hidup bahagia itu, Ibnu Abbas ra menjelaskan, ada  tujuh indikator kebahagiaan di dunia.

Pertama, qolbun syakirun,  hati yang selalu bersyukur. Artinya selalu menerima apa adanya (qona’ah), sehingga tidak ada ambisi yang berlebihan, tidak ada stress. Inilah nikmat bagi hati yang selalu bersyukur.

Kedua, al azwaju sholiha, pasangan hidup yang saleh/salehah. Pasangan hidup yang saleh/salehah akan menciptakan suasana rumah dan keluarga yang sakinah, mawaddah warohmah (tenang, penuh cinta dan kasih sayang).

Ketiga, al aulaadul abror, anak yang saleh (salehah),  Doa anak yang saleh/salehah untuk orang tuanya akan dikabulkan  Allah SWT. Berbahagialah orang tua yang memiliki anak saleh/salehah.

Keempat, al biatu sholihah, yaitu lingkungan yang kondusif untuk iman kita. Rasulullah SAW  menganjurkan untuk bergaul dengan orang-orang saleeh/salehah yang selalu mengajak kepada kebaikan dan mengingatkan bila kita salah.

Kelima, al maalul halal,  harta yang halal. Bukan banyaknya harta tapi halalnya harta yang dimiliki. Harta yang halal akan menjauhkan setan dari hati. Hati menjadi bersih, suci dan kokoh sehingga memberi ketenangan dalam hidup. Berbahagialah orang yang selalu menjaga kehalalan hartanya dengan teliti.

Keenam, tafaqquh fid dien, semangat untuk memahami agama. Dengan belajar ilmu agama, akan semakin cinta kepada agama dan semakin tinggi cinta kepada  Allah SWT dan Rasul-Nya. Cinta inilah yang akan memberi cahaya bagi hatinya.

Ketujuh, umur yang berkah. Yakni, umur yang semakin tua semakin saleh. Setiap detiknya diisi dengan amal ibadah. Semakin tua semakin rindu untuk bertemu dengan Allah SWT Sang  Maha Pencipta. Inilah semangat hidup orang-orang  yang berkah  umurnya. Berbahagialah orang-orang  yang umurnya berkah.

Semoga Allah karuniakan kepada kita tujuh indikator kebahagiaan hidup di dunia, sehingga hidup kita bahagia, tidak hanya di dunia, tapi juga di akhirat. Aamiin.

Awas, Makanan dan Minuman ini Bikin Kamu Mimpi Buruk

Para peneliti baru-baru ini menemukan dan membuktikan korelasi antara diet dan mimpi buruk. Salah satu yang terlibat dalam terjadinya mimpi buruk kamu adalah makanan bertepung dan makanan manis. Untuk itu perlu cermat dalam memilih makanan yang  memicu terjadinya mimpi buruk sebelum pergi ke tempat tidur berdasarkan lansiran dari Boldsky.

1. Es Krim

Makan es krim sebelum tidur bisa menyebabkan metabolisme tubuh bergeser sehinga pada gilirannya dapat meningkatkan aktivitas otak. Apabila es krim dikonsumsi bersamaa dengan kopi, teh, dan bahan lainnya, akan terjadi aktivitas tinggi pada otak sehingga pergerakannya random. Pergerakan atau aktivitas otak tersebut cenderung menghasilkan sebuah mimpi yang buruk.

Oleh karena itu, baiknya kamu menghindari makan es krim sebelum pergi tidur.

2. Keju

Produk susu mengandung triptofan yang berfungsi sebagai pendahulu hormon serotin penginduksi tidur. Makanya, mengonsumsi keju sebelum tidur malam dapat memicu mimpi buruk saat kamu terlelap.

Hanya saja dalam penelitian ini tidak dikatakan seberapa banyak keju yang dapat dengan pasti memicu mimpi buruk saat dikonsumsi.

3. Saus Pedas

Makan menggunakan saus pedas atau makanan pedas adalah salah satu penyebab utama mimpi buruk. Hal ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan aktivitas otak. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, aktivitas otak seperti ini memicu mimpi buruk saat kamu tidur.

4. Alkohol

Ketika kamu pergi tidur setelah menenggak minuman yang mengandung alkohol. hal tersebut dapat menyebabkan mimpi buruk. Tidak hanya itu, mengonsumsi alkohol tidak cuma menyebabkan mimpi buruk, melainkan juga sleep apnea, yakni gangguan tidur serius di mana pernapasan sering berhenti selama tidur. Akibatnya, organ tubuh, terutama otak, mungkin tidak mendapat oksigen yang cukup, serta kualitas tidur menjadi buruk, yang dapat membuat pasien merasa lelah keesokan harinya.

5. Pizza

Pizza, terutama pizza keju-burst yang lezat, hanya akan membuat kamu tidur dengan mimpi buruk. Seperti disebutkan sebelumnya, produk susu mengandung tryptophan yang merupakan salah satu alasan utama terjadinya mimpi buruk.

6. Chips

Sekitar 12,5 persen dari semua mimpi yang mengganggu seseorang, ternyata disebabkan oleh konsumsi makanan cepat saji seperti keripik. Aneh, sih. Tapi ini merupakan hasil dari sebuah penelitian.

7. Kafein

Kafein dan minuman berenergi lainnya dapat memicu mimpi burukmu. terlebih lagi jika dikonsumi tepat sebelum tidur.

8. Roti

Makanan berlemak seperti roti dan pasta bisa menyebabkan mimpi buruk juga. Hal ini karena mereka beralih ke glukosa dalam tubuh dan karenanya memiliki efek yang sama dengan makanan yang mengandung banyak gula.

9. Soda

Studi telah menunjukkan bahwa orang yang minum soda bahkan selama bagian awal hari itu dilaporkan mengalami mimpi buruk. Kemungkinan besar memang kandungan kafein dan gula yang terdapat pada soda.

10. Bawang Putih

Bawang putih mengandung sifat pengencer darah alam dan diklaim sampai bisa menyiram otak. Nah, hal ini memungkinkan lebih banyak darah dari biasanya jika memakan bawang putih dengan jumlah besar sehingga mimpi buruk dapat terjadi.

5 Jenis Makanan Sehat ini Justru Tak Boleh Terlalu Banyak Dikonsumsi

Berbicara tentang makanan sehat, tentu kamu disarankan untuk rajin mengonsumsinya dengan jumlah yang cukup banyak demi mendukung kesehatan tubuh.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis makanan sehat yang sebaiknya tak kamu konsumsi berlebihan sebab bisa merusak kesehatan secara perlahan? Inilah contohnya sebagaimana dilansir dari boldsky.com.

1. Salmon

Salmon memang ikan yang menyehatkan. Tingginya kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya disarankan untuk dikonsumsi demi mendukung kesehatan otak serta mempercepat sistem metabolisme tubuh.

Namun mengonsumsi salmon, terutama yang diasap akan membahayakan kesehatan tubuhmu. Sebab saat salmon diasap, maka akan menghasilkan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dan paparan zat ini dalam waktu lama bisa meningkatkan risiko kanker.

2. Kombucha

Kombucha adalah fermentasi teh yang kaya nutrisi. Mengonsumsinya berlebihan diketahui bisa meningkatkan asam lambung dan membahayakan mereka yang sudah lama mengidap penyakit ini. Selain itu, mengonsumsinya terlalu sering bisa meningkatkan risiko gigi berlubang.

3. Tuna

Tuna dianggap sebagai salah satu jenis ikan yang menyehatkan. Namun karena tingginya kandungan merkuri dalam tuna, kamu tak boleh mengonsumsinya setiap hari, terutama saat kamu sedang hamil atau menyusui bisa membahayakan kesehatanmu.

Keracunan merkuri bisa menyebabkan masalah penglihatan dan kelemahan otot.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung lemak jenuh sedang yang jika dikonsumsi secara bijak bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah. Setiap 1 sendok makan minyak kelapa mengandung 121 kalori.

Meskipun demikian, kamu disarankan untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak sebab bisa membahayakan kesehatan darahmu.

5. Minyak Sayur

Minyak sayur merupakan jenis minyak nabati tidak disarankan untuk kamu gunakan menggoreng. Sebab suhu panas bisa membuat minyak sayur melepaskan bahan kimia yang disebut dengan Aldehida. Terlalu banyak terpapar zat ini dapat menyebabkan risiko kanker meningkat.

Penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan minyak sayur yang dipanaskan mampu membuat kandungan aldehida meningkat 100 hingga 200 kali. Jumlah ini melebihi yang disarankan oleh WHO.

Meski jenisnya makanan sehat, ternyata kamu tetap tak boleh mengonsumsinya secara berlebihan seperti contoh makanan di atas. Selain tak boleh mengonsumsi berlebih, pastikan bahwa kamu memilih bahan makanan yang masih segar untuk dikonsumsi.

Cara Sederhana Mendetoksifikasi Tubuh

Mendetoksifikasi tubuh mungkin menjadi salah satu cara efektif untuk membersihkan tubuh dari racun. Upaya ini juga akan mempercepat metabolisme serta meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Matt Dower, Direktur Spa di Mirbeau Inn & Spa di Skaneateles, New York, menganjurkan untuk mengurangi jumlah konsumsi gula, termasuk madu, sirup gula, dan jenis pemanis buatan sebagai salah satu cara detoksifikasi. Jika Anda makan lebih banyak gula, imbuh Dower,  tubuh dipaksa untuk memproduksi lebih banyak insulin dan meregangkan pankreas. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini bisa membuat Anda kelelahan, diabetes, terkena kanker, dan kelebihan berat badan.

Tentunya, ada beberapa cara sederhana lain untuk mendetoksifikasi tubuh, seperti dilansir dari laman Shape.

Mulailah dengan Meminum Air

Dower menyarankan Anda meminum segelas air dengan perasan air lemon di pagi hari. “Lemon membantu mengembalikan sistem dan meningkatkan pencernaan, yang mana ini akan melancarkan aliran pencernaan  di tubuh Anda,” katanya.

Gerakkan Tubuh

Olahraga teratur mendorong sirkulasi darah dan sistem getah bening. Berolahraga juga akan meningkatkan pencernaan, mengurangi ketegangan, melumasi sendi, dan menguatkan tubuh. “Orang yang berolahraga secara teratur memiliki racun total yang jauh lebih sedikit di sistem mereka,” jelas Dower.

Minum Lebih Banyak Teh

Tidak hanya karena teh mengandung banyak antioksidan, teh juga bisa menghidrasi dan membuat diri menjadi lebih bugar, kata Ashley Karr, seorang peneliti psikologis dan ahli kesehatan. Perlu diingat, tambahnya, kandungan kafein dalam teh berbeda dengan kafein yang terdapat dalam kopi, kafein pada teh akan bersifat lebih lembut dan mudah diterima oleh sistem tubuh Anda. Hal ini juga mengurangi rasa gugup Anda.

Makan Makanan Organik

Chad Sarno, peneliti dan development chef untuk inisiatif makan sehat di Amerika menyarankan agar mengatur ulang pola diet. “Beragam buah dan sayuran seharusnya menjadi fokus utama dalam diet Anda. Tambahkan dengan konsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, kacang polong dan lain sebagainya,” katanya.

Makanlah semua jenis makanan nabati utuh untuk melengkapi nutrisi tubuh Anda. Sayuran hijau, contohnya, mengandung mikronutisi dan rendah kalori, sehingga cocok dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Hindari Polusi Lingkungan

Jangan lupa bahwa polusi dan alergen ada di sekitar Anda.  Tersebar di udara, dan ini dapat memicu gejala alergi seperti bengkak dan mata memerah. Dr. Travis Stork, pembawa acara program talkshow The Doctors menganjurkan untuk membersihkan saluran hidung dengan Neti Pot. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan terhindar dari efek samping dari polusi udara dan memperlancar pernapasan secara alami. Jika Anda juga menggunakan Neti Pot sebelum tidur, ini akan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Berkeringat dengan Sauna

Forbes Riley, pencipta produk kebugaran SpinGym, adalah penggemar berat detoksifikasi. Forbes menyarankan agar bersauna secara teratur, begitulah cara dia mengurangi berat badan pascamelahirkan anak kembarnya di usia 42 tahun. “Tidak ada cara yang lebih mendetoksifikasi dari pada berkeringat,” lanjutnya.

Pengelupasan Kulit

“Menggosok-gosok kulit dan memijatnya dengan  minyak akan membantu mengangkat racun dari kulit Anda serta melancarkan peredarannya,” kata Christina Chodos, seorang konselor kesehatan bersertifikat dan pendidik dari Chicago, IL.

Berapa Batas Kadar Lemak Tubuh yang Masih Normal?

Tumpukan lemak tubuh yang terlalu banyak akan membuat badan Anda terlihat besar dan lebar. Tapi tanpa lemak, tubuh Anda tidak akan bisa melakukan berbagai fungsinya. Jadi, lemak tubuh itu sebenarnya penting dan wajib dimiliki oleh setiap orang. Namun tentu saja ada batasnya. Lalu, berapa batas lemak tubuh yang normal? Bagaimana cara mengukurnya?

Tubuh perlu lemak untuk mengatur produksi hormon serta membantu tubuh dalam menyerap beberapa jenis vitamin. Tapi meski penting, bukan berarti Anda harus berlomba-lomba memperbanyak lemak tubuh.

Kadar lemak tubuh yang masih bisa dibilang normal dah sehat ada batasnya. Anda harus mempertahankan kadar lemak tetap normal agar tidak mengalami gangguan fungsi tubuh. Berikut adalah rentang lemak tubuh yang normal yang umum menurut American College Sports Medicine:

  • Wanita: 20-32
  • Laki-laki: 10-22%

Tetapi hal tersebut sebenarnya tergantung dengan usia serta aktivitas fisik yang dilakukannya sehari-hari.  Semakin sering ia melakukan aktivitas fisik, maka semakin sedikit kadar lemak di dalam tubuhnya. Maka dari itu, para atlet sudah pasti punya lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan olahraga seminggu sekali. Berikut adalah kadar lemak normal tergantung aktivitas fisik yang dilakukan:

Atlet, mempunyai total lemak sekitar 14-20% pada atlet wanita dan 6-13% pada atlet laki-laki

Orang yang sering berolahraga, namun bukan atlet biasanya memiliki kadar lemak sebesar 21-24% pada wanita dan 14-17% pada laki-laki

Orang yang jarang olahraga tetapi lemak totalnya masih dianggap normal dan sehat jika memiliki lemak berkisar 25-31% pada wanita dan 18-25% pada laki-laki

Kadar lemak dalam tubuh sangat erat dengan status gizi. Kalau kadarnya berlebihan – wanita lebih dari 32% dan laki-laki lebih dari 25% –  maka menandakan kalau ia memiliki berat badan berlebihan (obesitas) dan berisiko untuk mengalami berbagai penyakit kronis.

Bagaimana cara mengetahui persen lemak tubuh?

Jika ingin tahu berapa tepatnya persen lemak tubuh, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa tes khusus. Biasanya, lemak tubuh akan diukur dengan alat penjepit khusus yang disebut dengan kaliper. Atau juga bisa juga menggunakan alat timbangan khusus yang dapat mendeteksi kadar lemak dalam tubuh. Pemeriksaan semacam ini dapat Anda lakukan ketika melakukan pemeriksaan lengkap di rumah sakit.

Tapi, jika Anda tidak memiliki alat tersebut, maka untuk memudahkan, Anda dapat menghitungnya dengan rumus khusus. Namun, sebelumnya Anda harus tahu dulu berapa indeks massa tubuh (IMT) Anda saat ini. Bila sudah, Anda dapat menggunakan rumus seperti berikut:

  • Laki-laki: (1,20 x IMT) + (0,23 x Usia) – 10,8 – 5,4
  • Wanita: (1,20 x IMT) + (0,23 x Usia) – 5,4

Misalnya, jika Anda seorang wanita yang berusia 20 tahun dan memiliki tinggi badan sekitar 160 cm serta berat badan mencapai 55 Kg, maka IMT Anda adalah 21,4 m/kg2. Sehingga jika dimasukan ke dalam rumus, didapatkan kadar lemak tubuh Anda yaitu 24,88%.

Memang ini hanyalah rumus prediksi, jadi tentu tidak akurat 100 persen. Namun dengan begini, Anda dapat mengetahui kisaran kadar lemak yang menyebabkan semua lipatan di tubuh Anda. Jika Anda ingin tahu kadar lemak tubuh dengan akurat, maka sebaiknya konsultasikan hal ini pada dokter.

1 2 3 6