4 Menu Sahur Sehat dan Lezat Bagi Anda yang Memiliki Tekanan Darah Tinggi

Memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang berpuasa. Pasalnya, penderita hipertensi sering kali mengeluh mudah pusing dan mual. Ini tentu akan mengganggu hari-hari puasa. Kabar baiknya, gejala hipertensi tersebut dapat diatasi dengan mudah, asalkan Anda memilih makanan yang tepat saat sahur. Lantas, apa saja menu sahur untuk hipertensi yang aman dan sehat? Baca terus ulasan berikut ini.

Pilihan menu sahur untuk hipertensi yang aman dan sehat

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah seseorang mencapai lebih dari 140/90 mmHg. Padahal, tekanan darah yang normal berkisar antara 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg.

Dilansir dari NHS Inggris, orang dengan tekanan darah tinggi boleh-boleh saja puasa. Namun, dengan catatan kondisi tubuhnya stabil. Maka itu, Anda dianjurkan untuk memerhatikan asupan makanan sehari-hari, terutama saat sahur, untuk mencegah gejala hipertensi kambuh sewaktu-waktu.

Tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah, pemilihan makanan yang tepat saat sahur dapat membantu meningkatkan energi saat berpuasa dan mengurangi risiko edema atau penimbunan cairan dalam tubuh.

Nah, berikut ini adalah beragam menu sahur untuk hipertensi yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda di rumah.

1. Nasi Goreng Sayur

Kalau Anda mencari menu sahur untuk hipertensi yang praktis, maka nasi goreng adalah jawabannya. Ya, nasi goreng merupakan salah satu makanan yang mudah dibuat dalam waktu singkat dan dapat dikreasikan dengan beragam bahan makanan sehat lainnya.

Saat menggoreng, gunakan minyak zaitun yang kaya lemak sehat dan antioksidan sehingga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Bahkan, sebuah kajian ilmiah yang dilakukan di Spanyol tahun 2015 menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

READ  Awas, Makanan dan Minuman ini Bikin Kamu Mimpi Buruk

Agar semakin sehat, tambahkan berbagai jenis sayuran pada nasi goreng buatan Anda. Misalnya brokoli, sawi, kacang polong, dan sayuran lainnya. Pasalnya, sayuran hijau mengandung tinggi kalium yang dapat membantu menyingkirkan kelebihan garam dalam tubuh melalui urine. Ini tentu bermanfaat untuk menjaga tekanan darah Anda tetap stabil selama berpuasa.

2. Ikan Sarden

Ikan sarden merupakan jenis ikan yang baik dikonsumsi sebagai menu sahur untuk penderita hipertensi. Pasalnya, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan sarden dapat membantu mengendalikan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan mencegah penyakit jantung.

Agar sahur Anda lebih sehat, lengkapi dengan sajian nasi merah yang mengandung tinggi serat. Ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan tak mudah lapar saat puasa.

3. Sandwich Roti Gandum

Menu sahur untuk hipertensi selanjutnya adalah sandwich roti gandum. Mengapa harus roti gandum?

Dr. Lu Wang, seorang peneliti asal Harvard Medical School di Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa kandungan serat dan nutrisi pada gandum dapat membantu mencegah lonjakan tekanan darah. Selain itu, gandum utuh juga mengandung vitamin B dan karbohidrat kompleks.

Belum lagi roti gandum indeks glikemiknya tergolong rendah sehingga akan diserap lebih lama oleh tubuh. Akibatnya, Anda menjadi tak mudah lapar saat puasa.

Setangkup roti ditambah dengan telur dadar atau telur ceplok sudah bisa menjadi hidangan yang menggugah selera Anda saat sahur. Namun, gunakan bagian putih telurnya saja yang kadar kolesterolnya lebih rendah sehingga tak lekas menaikkan tekanan darah Anda.

Untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral, tambahkan berbagai jenis sayuran segar seperti bayam, tomat, timun, atau selada. Voila! Menu sahur untuk hipertensi ini akan terasa lebih lezat dan sehat tentunya.

READ  Bahaya Minuman Energi pada Remaja

4. Oatmeal Susu dan Buah

Oatmeal saja mungkin tidak cukup untuk sahur Anda. Akan tetapi, oatmeal merupakan salah satu makanan rendah lemak dan natrium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, oatmeal juga mengandung serat tinggi sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama saat puasa. Jika ingin lebih sehat, tambahkan dengan buah-buahan yang baik untuk penderita hipertensi seperti pisang, alpukat, atau beri-berian. Segelas susu juga bisa melengkapi menu sahur Anda hari ini.

Adelia Marista Safitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *