6 Strategi Agar Anak Tidak Hobi Makan Junk Food

Mengajarkan anak untuk makan makanan sehat merupakan hal yang penting agar anak mereka terbiasa untuk tidak pilih-pilih makanan.

Anak-anak yang sering makan jenis makanan yang salah, seperti junk food atau makanan pinggir jalan, lebih berisiko mengalami kegemukan dan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, jantung, dan kanker.

Dengan adanya banyak iklan junk food di TV dan kebiasaan untuk mengonsumsi makanan ini, akan sulit membiasakan anak untuk makan dengan sehat.

Namun, ada strategi yang bisa kita terapkan untuk membantu anak berhenti atau mengurangi makan junk food. Apa saja strateginya?

1. Siapkan Camilan yang Sehat

Cara pertama agar anak bisa berhenti makan junk food adalah dengan menghidangkan camilan seperti buah, sayuran, dan biskuit gandum dengan keju. Siapkan camilan sehat di tempat yang mudah dijangkau anak-anak, seperti di meja makan.

Saat mereka lapar, mereka dapat mengambilnya dengan mudah. Siapkan juga mangkuk berisi buah-buahan di tempat yang mudah dilihat, sehingga anak langsung dapat menikmatinya. Ini dikarenakan anak-anak cenderung ingin makan apa yang ada di depan mereka.

2. Jangan Bawa Junk Food ke Rumah

Jika tidak ingin anak makan makanan tersebut, maka jangan simpan atau bawa junk food ke rumah. Dengan begitu, anak tak akan melihat dan meminta.

Cara lain adalah dengan memasak hidangan yang mirip dengan menu junk food, tapi versi lebih sehat. Cara ini dapat mengurangi konsumsi junk food pada anak.

3. Jangan Tawar-Menawar dengan Anak

Jangan gunakan junk food sebagai alat tawar-menawar. Memberi hadiah berupa junk food agar anak mau makan makanan sehat amatlah salah, karena malah akan menambah daya tarik mereka terhadap junk food itu sendiri.

Anak-anak juga perlu diajarkan mengukur berapa banyak mereka makan, karena memaksa mereka menghabiskan makanan dapat menyebabkan mereka makan berlebihan di kemudian hari, terutama dengan tren makanan porsi besar saat ini.

4. Jangan Larang Anak Makan Junk Food

Jika tidak ingin anak doyan junk food, sebaiknya kita tidak benar-benar melarangnya, karena bisa mengakibatkan rasa penasaran anak semakin tinggi.

Ini juga akan membuat mereka cenderung makan banyak junk food saat ada kesempatan, seperti di acara sekolah, ulang tahun teman, dan lainnya.

Ajarkan anak untuk mencicipi semua jenis makanan dalam jumlah kecil, izinkan mereka untuk makan junk food di rumah teman mereka, tapi jangan kalau sedang di rumah.

5. Berikan Contoh dari Diri Sendiri

Anak-anak belajar dengan melihat apa yang orangtuanya lakukan. Kalau kita tidak mau anak makan banyak junk food, kita sendiri harus makan makanan sehat dan menghindari junk food.

Selain itu, izinkan anak untuk memilih jenis makanan dan camilan sehat yang mereka suka.

6. Jangan Berikan Junk Food sebagai Hadiah

Biasanya para orang tua akan menghadiahkan anak makan di restoran cepat saji ketika mereka kenaikan kelas atau memenangkan perlombaan. Nah, hal ini lah salah satu yang wajib dihindari agar anak berhenti makan junk food.

Alternatifnya, kita bisa memberikan alat gambar, mainan kesukaan, alat olahraga seperti raket badminton, atau bahkan kegiatan lain yang bisa mengalihkan perhatian anak terhadap keinginan makan junk food.

Wisnubrata

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *