8 Ciri-ciri Anak Sedang Mengalami Stres

Stres tidak hanya bisa dialami oleh orang dewasa. Anak-anak pun bisa mengalaminya, meskipun dengan ciri-ciri yang sedikit berbeda.

Penyebab stres pada anak bisa bermacam-macam mulai dari sesimpel masalah pekerjaan rumah hingga efek dari bullying ataupun perceraian orang tua.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ciri-ciri anak yang sedang mengalami stres, bagian pertama:

1. Mimpi Buruk

Sering mengalami mimpi buruk merupakan salah satu ciri paling umum yang muncul ketika anak sedang mengalami stres. Buntutnya, anak malas atau menolak ketika disuruh tidur karena tidak ingin mengalami mimpi buruk,

Jika begini, orang tua sebaiknya menemani anak sambil tertidur sembari membacakan dongeng agar tidurnya menyenangkan.

2. Sulit Kosentrasi

Sulit konsenstrasi merupakan ciri anak sedang memiliki masalah. Biasanya, sulit konsentrasi yang terjadi sekolah berhubungan dengan tuntutan dan prestasi anak di sekolah.

Bisa saja anak sulit konsentrasi karena orang tua selalu membandingkan anak dengan teman lainnya. Atasi masalah ini dengan beri pujian serta motivasi optimis.

4. Perilaku Agresif

Memukul, menendang, marah atau tantrum merupakan ciri perilaku agresif yang muncul karena anak stres. Biasanya perilaku agresif terjadi ketika anak tidak mendapatkan apa yang ia mau.

Jika anak mengalami masalah ini, segera cari sumber stresnya. Jangan sampai perilaku agresif anak membuatnya jadi bully yang malah merugikan diri sendiri.

5. Ngompol

Stres juga bisa menyebabkan anak sering merasa gelisah, yang menyebabkan anak cenderung ngompol saat tidur. Ketika ini terjadi, jangan memarahinya.

Ganti saja kasur atau seprei anak dengan yang baru dan tanyakan apa yang sedang ia pikirkan atau takutkan.

Muhamad Reza Sulaiman

READ  'Terlalu Sibuk' Bisa Berdampak Negatif ke Diri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *