Awas, Makanan dan Minuman ini Bikin Kamu Mimpi Buruk

Para peneliti baru-baru ini menemukan dan membuktikan korelasi antara diet dan mimpi buruk. Salah satu yang terlibat dalam terjadinya mimpi buruk kamu adalah makanan bertepung dan makanan manis. Untuk itu perlu cermat dalam memilih makanan yang  memicu terjadinya mimpi buruk sebelum pergi ke tempat tidur berdasarkan lansiran dari Boldsky.

1. Es Krim

Makan es krim sebelum tidur bisa menyebabkan metabolisme tubuh bergeser sehinga pada gilirannya dapat meningkatkan aktivitas otak. Apabila es krim dikonsumsi bersamaa dengan kopi, teh, dan bahan lainnya, akan terjadi aktivitas tinggi pada otak sehingga pergerakannya random. Pergerakan atau aktivitas otak tersebut cenderung menghasilkan sebuah mimpi yang buruk.

Oleh karena itu, baiknya kamu menghindari makan es krim sebelum pergi tidur.

2. Keju

Produk susu mengandung triptofan yang berfungsi sebagai pendahulu hormon serotin penginduksi tidur. Makanya, mengonsumsi keju sebelum tidur malam dapat memicu mimpi buruk saat kamu terlelap.

Hanya saja dalam penelitian ini tidak dikatakan seberapa banyak keju yang dapat dengan pasti memicu mimpi buruk saat dikonsumsi.

3. Saus Pedas

Makan menggunakan saus pedas atau makanan pedas adalah salah satu penyebab utama mimpi buruk. Hal ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan aktivitas otak. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, aktivitas otak seperti ini memicu mimpi buruk saat kamu tidur.

4. Alkohol

Ketika kamu pergi tidur setelah menenggak minuman yang mengandung alkohol. hal tersebut dapat menyebabkan mimpi buruk. Tidak hanya itu, mengonsumsi alkohol tidak cuma menyebabkan mimpi buruk, melainkan juga sleep apnea, yakni gangguan tidur serius di mana pernapasan sering berhenti selama tidur. Akibatnya, organ tubuh, terutama otak, mungkin tidak mendapat oksigen yang cukup, serta kualitas tidur menjadi buruk, yang dapat membuat pasien merasa lelah keesokan harinya.

5. Pizza

Pizza, terutama pizza keju-burst yang lezat, hanya akan membuat kamu tidur dengan mimpi buruk. Seperti disebutkan sebelumnya, produk susu mengandung tryptophan yang merupakan salah satu alasan utama terjadinya mimpi buruk.

6. Chips

Sekitar 12,5 persen dari semua mimpi yang mengganggu seseorang, ternyata disebabkan oleh konsumsi makanan cepat saji seperti keripik. Aneh, sih. Tapi ini merupakan hasil dari sebuah penelitian.

7. Kafein

Kafein dan minuman berenergi lainnya dapat memicu mimpi burukmu. terlebih lagi jika dikonsumi tepat sebelum tidur.

8. Roti

Makanan berlemak seperti roti dan pasta bisa menyebabkan mimpi buruk juga. Hal ini karena mereka beralih ke glukosa dalam tubuh dan karenanya memiliki efek yang sama dengan makanan yang mengandung banyak gula.

9. Soda

Studi telah menunjukkan bahwa orang yang minum soda bahkan selama bagian awal hari itu dilaporkan mengalami mimpi buruk. Kemungkinan besar memang kandungan kafein dan gula yang terdapat pada soda.

10. Bawang Putih

Bawang putih mengandung sifat pengencer darah alam dan diklaim sampai bisa menyiram otak. Nah, hal ini memungkinkan lebih banyak darah dari biasanya jika memakan bawang putih dengan jumlah besar sehingga mimpi buruk dapat terjadi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *