Begini Cara Orang-orang Sukses Manfaatkan Waktu 24 Jam Maksimal!

You may delay, but time will not. Kata-kata tersebut diujarkan Benjamin Franklin, salah satu bapak bangsa Amerika, sebagai ungkapan mengenai betapa waktu terus berjalan.

Ya, 24 jam hari ini tidak akan sama dengan besok. Kebanyakan dari kita mungkin menjalani setiap hari dalam siklus yang monoton. Bangun pagi, pergi ke kantor, lalu pulang ke rumah. Di sela semua kegiatan, pernahkah Anda mempertanyakan apakah semua yang Anda kerjakan sudah tepat?

Sebelum memulai harinya, Bill Gates pun selalu bertanya pada diri sendiri, “Jika besok hari terakhir hidup saya, apa kegiatan hari ini yang ingin saya lakukan?”. Jika Anda menjawab “tidak” pada pertanyaan itu, mungkin kebiasaan harian Anda harus diganti. Berikut rutinitas beberapa orang sukses yang dapat Anda tiru.

Mulai dari Pagi

Jangan pernah menyepelekan nasihat, “Jika bangun siang rezekinya nanti dipatuk ayam”, karena hal itu benar adanya. Semakin pagi Anda bangun, akan semakin banyak hal bisa Anda kerjakan.

Benjamin Franklin sendiri memulai harinya sejak pukul lima pagi. Hal ini tidak hanya dibuktikan oleh Franklin. Orang-orang sukses seperti Margaret Thatcher, Haruki Murakami, dan Robert Iger juga merupakan early riser.

Franklin terbiasa memulai paginya dengan sarapan, merencanakan kegiatan satu hari, dan memikirkan penyelesaian masalah. Sarapan dapat memberikan energi penuh untuk lebih produktif 24 jam ke depan. Tambahkan juga olahraga sebagai bagian dari pagi Anda.

Barrack Obama dalam biografinya Dreams for My Father menyatakan bahwa dia selalu berlari setidaknya empat kilometer setiap hari. Studi lain memperkuat pernyataan orang nomor satu di AS itu bahwa olahraga setelah bangun tidur dan dengan perut kosong terbukti lebih cepat membakar lemak, mengencangkan otot, sekaligus meningkatkan stamina sepanjang hari.

READ  Berpikirlah Positif

Disiplin Waktu Kerja

Hal pertama yang David Karp, pendiri Tumblr, lakukan sebelum mulai bekerja adalah membuka e-mail. Dengan begitu, Anda akan tahu apa saja yang harus diselesaikan hari itu.

Latih kedisiplinan Anda untuk selalu berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan. Rumuskan tujuan yang harus diselesaikan. Selain itu, selalu pertimbangkan kondisi yang Anda butuhkan untuk bekerja.

Fasilitasi diri dengan teknologi yang membantu Anda lebih efektif dalam melakukan beragam kegiatan profesional. Jika Katie Rae, Managing Director TechStarsBoston, selalu menggunakan alat perekam dalam menolong pekerjaannya, Anda bisa memanfaatkan smartphone untuk selalu memperbarui infomasi terbaru dan membantu menghasilkan ide inovatif.

Istirahat Seimbang

Menurut riset American Psychological Association, kegiatan yang paling tepat untuk bersantai di malam hari di antaranya adalah membaca, mendengarkan musik, menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga, atau melakukan hobi yang Anda sukai.

Jangan lupa tutup hari Anda dengan mengevaluasi semua hal yang terjadi selama satu hari. Benjamin Franklin selalu menulis jurnal untuk mencatat semua kegiatan hariannya. Jika tidak suka menulis, zaman sekarang Anda dapat menemukan gadget fungsional yang memberikan fasilitas pembantu dengan mudah. Catatan Anda juga dapat menjadi solusi menghadapi masalah di masa depan.

Yang terakhir, pastikan Anda memiliki waktu tidur cukup. Pakar kesehatan tubuh Shawn Stevenson menyarankan untuk tidur dari pukul 10 malam sampai 6 pagi. Pola tidur ini bisa diatur secara fleksibel, tetapi coba tidur sebelum tengah malam dan bangun pagi untuk memaksimalkan energi. Jangan lupa jauhkan berbagai distraksi sebelum tidur seperti yang dilakukan Sheryl Sanberg, COO Facebook, untuk tidur yang lebih berkualitas.

Mulailah memanfaatkan waktu 24 jam yang tersedia menjadi lebih efektif dan efisien. Lihat perbedaannya dalam produktivitas dan kebahagiaan hidup Anda. Dengan kualitas hari yang lebih baik, maka tingkat kepuasan hidup Anda pun bisa semakin bertambah.

READ  6 Strategi Agar Anak Tidak Hobi Makan Junk Food

Anne Anggraeni Fathana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *