Cara Sederhana Mendetoksifikasi Tubuh

Mendetoksifikasi tubuh mungkin menjadi salah satu cara efektif untuk membersihkan tubuh dari racun. Upaya ini juga akan mempercepat metabolisme serta meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Matt Dower, Direktur Spa di Mirbeau Inn & Spa di Skaneateles, New York, menganjurkan untuk mengurangi jumlah konsumsi gula, termasuk madu, sirup gula, dan jenis pemanis buatan sebagai salah satu cara detoksifikasi. Jika Anda makan lebih banyak gula, imbuh Dower,  tubuh dipaksa untuk memproduksi lebih banyak insulin dan meregangkan pankreas. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini bisa membuat Anda kelelahan, diabetes, terkena kanker, dan kelebihan berat badan.

Tentunya, ada beberapa cara sederhana lain untuk mendetoksifikasi tubuh, seperti dilansir dari laman Shape.

Mulailah dengan Meminum Air

Dower menyarankan Anda meminum segelas air dengan perasan air lemon di pagi hari. “Lemon membantu mengembalikan sistem dan meningkatkan pencernaan, yang mana ini akan melancarkan aliran pencernaan  di tubuh Anda,” katanya.

Gerakkan Tubuh

Olahraga teratur mendorong sirkulasi darah dan sistem getah bening. Berolahraga juga akan meningkatkan pencernaan, mengurangi ketegangan, melumasi sendi, dan menguatkan tubuh. “Orang yang berolahraga secara teratur memiliki racun total yang jauh lebih sedikit di sistem mereka,” jelas Dower.

Minum Lebih Banyak Teh

Tidak hanya karena teh mengandung banyak antioksidan, teh juga bisa menghidrasi dan membuat diri menjadi lebih bugar, kata Ashley Karr, seorang peneliti psikologis dan ahli kesehatan. Perlu diingat, tambahnya, kandungan kafein dalam teh berbeda dengan kafein yang terdapat dalam kopi, kafein pada teh akan bersifat lebih lembut dan mudah diterima oleh sistem tubuh Anda. Hal ini juga mengurangi rasa gugup Anda.

Makan Makanan Organik

Chad Sarno, peneliti dan development chef untuk inisiatif makan sehat di Amerika menyarankan agar mengatur ulang pola diet. “Beragam buah dan sayuran seharusnya menjadi fokus utama dalam diet Anda. Tambahkan dengan konsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, kacang polong dan lain sebagainya,” katanya.

READ  Berapa Batas Kadar Lemak Tubuh yang Masih Normal?

Makanlah semua jenis makanan nabati utuh untuk melengkapi nutrisi tubuh Anda. Sayuran hijau, contohnya, mengandung mikronutisi dan rendah kalori, sehingga cocok dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Hindari Polusi Lingkungan

Jangan lupa bahwa polusi dan alergen ada di sekitar Anda.  Tersebar di udara, dan ini dapat memicu gejala alergi seperti bengkak dan mata memerah. Dr. Travis Stork, pembawa acara program talkshow The Doctors menganjurkan untuk membersihkan saluran hidung dengan Neti Pot. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan terhindar dari efek samping dari polusi udara dan memperlancar pernapasan secara alami. Jika Anda juga menggunakan Neti Pot sebelum tidur, ini akan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Berkeringat dengan Sauna

Forbes Riley, pencipta produk kebugaran SpinGym, adalah penggemar berat detoksifikasi. Forbes menyarankan agar bersauna secara teratur, begitulah cara dia mengurangi berat badan pascamelahirkan anak kembarnya di usia 42 tahun. “Tidak ada cara yang lebih mendetoksifikasi dari pada berkeringat,” lanjutnya.

Pengelupasan Kulit

“Menggosok-gosok kulit dan memijatnya dengan  minyak akan membantu mengangkat racun dari kulit Anda serta melancarkan peredarannya,” kata Christina Chodos, seorang konselor kesehatan bersertifikat dan pendidik dari Chicago, IL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *