Imajinasi Anak Dimatikan, Timbullah “Robot-robot” Kecil

Pengarang cerita anak-anak, Dwianto Setyawan menandaskan, orang dewasa seharusnya jangan mematikan imajinasi dan fantasi anak. Kalau anak-anak berfantasi tentang robot, pesawat angkasa luar atau cerita lainnya hendaknya jangan dilarang, lalu dipaksa untuk menyesuaikan dengan imajinasi dan fantasi yang dimiliki orang dewasa. Imajinasi dan fantasi yang dimiliki anak-anak berbeda dengan imajinasi orang dewasa. Sekali imajinasi dan fantasi anak itu dimatikan, yang timbul hanya “robot-robot” kecil dalam masyarakat.

“Harus diingat bahwa banyak sekali kemajuan teknologi yang ada saat ini berasal dari imajinasi dan fantasi anak-anak. Munculnya pesawat terbang dan Apollo ke bulan juga berasal dari imajinasi. Imajinasi dan fantasi akan mendorong orang berlaku kreatif,” tuturnya.

Seniman Leonardo da Vinci adalah contoh orang yang memiliki imajinasi dan fantasi sangat tinggi. Jauh sebelum helikopter dan pesawat terbang ada sekarang, Leonardo da Vinci sudah menuangkannya dalam bentuk goresan. Dan apa yang dibayangkan seniman tersebut sekarang menjadi kenyataan.

Tri Agung Kristanto

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *