Luar Biasa, Ada 7 Manfaat Tak Terduga dari Tertawa

Salah satu hal terbaik di dunia ini adalah bisa tertawa lepas. Tertawa bisa menyatukan manusia dan membangun hubungan yang kuat.

Tertawa juga mampu menghadirkan atmosfir hangat dalam keluarga. Ada banyak manfaat dari tertawa.

Para peneliti telah melakukan berbagai penelitian untuk menyelidiki manfaat tertawa secara mendalam, termasuk di antaranya Dr. Lee Berk dan Dr. Stanley Tan dari The Loma Linda University, California.

Mereka mengungkap tujuh manfaat tertawa berdasarkan hasil riset yang dilakukan kedua peneliti tersebut.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, tertawa adalah obat murah dan praktis untuk menormalkan tekanan darah. Tertawa bisa mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Bahkan, cara ini juga efektif untuk mereka yang memiliki tekanan darah normal. Jadi, cobalah mencari hal lucu di sekitarmu untuk mengundang tawa agar kamu terhindar dari risiko penyakit ini.

2. Mengurangi Hormon Stres

Dengan mengurangi tingkat hormon stres, Kamu juga bisa mengurangi kecemasan dan stres yang berdampak pada tubuh.

Selain itu, pengurangan hormon stres dapat menyebabkan kinerja sistem kekebalan tubuh lebih tinggi.

Nah, jika kamu merasa hari-harimu begitu berat, cobalah untuk tertawa demi menghilangkan stres dan mendapatkan manfaat kesehatan dari tawa itu.

3. Melatih Otot Perut

Salah satu manfaat tawa adalah bisa melatih otot perutmu. Saat tertawa, otot-otot di perut mengembang dan berkontraksi, sama seperti ketika Kamu dengan sengaja melatih otot tersebut.

Sementara itu, otot yang tidak bekerja saat tertawa juga akan merasa rileks. Jika Kamu malas berolahraga dan ingin mendapatkan perut yang rata, maka mungkin tertawa bisa jadi solusi alternatif untuk mendapatkan bentuk perut impian.

4. Meningkatkan Fungsi Jantung

READ  Hati-Hati, Media Sosial Mampu Membuat Anda Galau

Tertawa adalah latihan kardio yang hebat, terutama bagi mereka yang tidak mampu melakukan aktivitas fisik lainnya karena cedera atau sakit.

Ini membuat jantungmu memompa dan membakar kalori dalam jumlah yang sama per jam saat berjalan dengan kecepatan lambat sampai sedang.

Maka, jika Kamu ingin memiliki jantung yang sehat, cobalah cara yang murah dan sederhana ini.

5. Mengaktifkan Sel T

Sel T adalah sel sistem kekebalan khusus yang harus diaktifkan oleh tubuh. Saat kita tertawa, Kita mengaktifkan sel T yang membantu melawan penyakit.

Jadi, saat Kamu merasa tak enak badan, mungkin mencoba untuk tertawa akan membantu badan kembali bugar.

6. Memicu Pelepasan Endorfin

Endorfin adalah obat penghilang rasa sakit alami. Dengan tertawa, kita bisa melepaskan endorfin yang membantu meringankan rasa sakit kronis, dan membuat kita merasa lebih baik.

Baca: 5 Tanda Anda dan Pasangan Menjalani Hubungan yang Bahagia

7. Meningkatkan Rasa Nyaman

Tertawa dapat memberi rasa nyaman pada tubuh. Dokter telah menemukan bahwa orang yang memiliki pandangan positif terhadap kehidupan cenderung melawan penyakit lebih baik daripada orang yang memiliki pandangan negatif.

Jadi, kunci untuk panjang umur adalah tersenyum dan tertawa.

Ariska Puspita Anggraini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *