Manfaat Sup Kaldu Tulang untuk Kesehatan

Selain lezat untuk dikonsumsi sehari-sehari, sup kaldu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Sudah sejak dulu dipercaya bahwa sup kaldu mengandung zat yang memiliki khasiat pengobatsn. Sup kaldu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang terserang batuk atau pun demam.

Umumnya, sup kaldu tersebut terbuat dari daging ayam maupun daging sapi. Selain daging, sup kaldu ternyata juga bisa terbuat dari tulang. Kaldu yang terbuat dari tulang ini disebut juga dengan broth bone. Sama halnya dengan kaldu daging, kaldu tulang memiliki banyak manfaat yang sayang untuk dilewatkan.

Sup kaldu tulang biasanya terbuat dari bagian tulang buku, tulang kaki dan tulang persendian lainnya. Dilansir Shape, setidaknya ada tujuh khasiat kaldu tulang yang baik untuk kesehatan tubuh.

Menyehatkan Usus

Rutin mengonsumsi satu mangkuk kecil kaldu tulang sehari dapat menurunkan risiko kebocoran usus. Menurut ahli nutrisi dari Healthful Elements, kandungan gelatin pada tulang membantu menyehatkan lubang usus. Usus yang sehat nantinya dapat meringankan diare dan sembelit kronis.

Melindungi Persendian

Bagi pasien dengan penyakit persendian, sup kaldu tulang akan sangat efektif sebagai bagian dari perawatan. Pasien tidak perlu lagi mengonsumsi suplemen glukosamin karena sup kaldu tulang juga mengandung glukosamin. Kandungan dari bahan alami tentunya lebih baik dari obat yang bersifat kimia. Rutin mengonsumsi sup kaldu tulang juga dapat membantu mengurangu rasa nyeri. Selain itu, kandungan kondroitin sulfat yang ada pada kaldu tulang juga bisa membantu pencegahan osteoporosis.

Awet Muda

Sup kaldu tulang kaya akan kolagen yang secara alami berperan sebagai pelindung tulang dan pengatur keseimbangan dalam tubuh. Selain itu, kolagen juga dapat menngencangkan kulit serta menguatkan persendian. Mengonsumsi sup kaldu tulang juga dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Tidur Lebih Nyenyak

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam amino glisin pada tulang dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi kepenatan.

Meningkatkan Sistem Imun

Penulis The Primal Blueprint, Mark Sisson, menyebut sup kaldu tulang sebagai makanan super yang dapat menguatkan siatem imun. Ini karena sup kaldu tulang tinggi akan konsentrasi mineral.

Menguatkan Tulang

Sup kaldu tulang mengandung nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tulang seperti fosfor, magnesium serta kalsium.

Baik sebagai Menu Diet

Bagi orang yang diet, sup kaldu tulang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi asam amino. Asam amino yang juga biasa terdapat pada daging baik untuk mengembalikan kekuatan dan energi otot.

REPUBLIKA.co.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *