Setiap Tarikan Napas adalah Hidup Kita

Dari setiap tarikan napas, kita diberikan kehidupan baru. Hal baru apa yang kita alami setiap kali menarik napas? Hal yang baru adalah pembaruan rahmat tiada henti yang konstan dari Sang Pencipta. Di setiap detik keberadaan kita, satu rahmat baru datang pada kita, seperti halnya dalam jasad kita, datangnya sebuah napas baru. Kita bisa bahagia—bukan besok, bukan kemarin, tetapi setiap waktu, mulai sekarang.

Kemarin dan besok menjadi relevan karena kita hidup hari ini. Kemarin hanya ada dalam benak kita. Kita tidak bisa mengulang hari kemarin. Dia sudah hilang. Para Sufi bertanya, “Kemarin hanyalah ingatan hari ini. Besok adalah impian hari ini.”

Para Sufi percaya pada tindakan untuk meman­faatkan hidup semaksimal mungkin tanpa meng­khawatirkan masa lalu ataupun masa depan. Khawatir adalah awan mendung yang menyelubungi matahari hari ini. Percayalah pada keindahan dan kekuatan masa sekarang!

Bintang beredar, ombak pasang surut dan ber­gerak mengikuti alur masing-masing, musim berganti. Mengapa kita harus terburu-buru? Ikuti arus dan hargai hidup semasa demi semasa. Se­muanya sudah sempurna seperti apa adanya.

Dalam dunia korporat, penentuan tujuan adalah hal yang sangat penting. Hal ini memberi arah dan juga mengizinkan alokasi waktu yang tepat. Tujuan adalah apa yang ingin kita capai dan apa yang mendorong kita, dan kita harus menghargainya sebagai pendamping kesuksesan kita. Namun, kita perlu bertindak sekarang untuk mewujudkan tujuati kita menjadi kenyataan.

Esok hari hanyalah impian hari ini. Siapa yang tahu tentang itu? Mengapa khawatir padanya? Ada sangat banyak variabel tentang esok hari yang mungkin tidak akan pernah terjadi. Jadi untuk apa membuang energi hidup untuk masa depan? Masa depan bukanlah sesuatu yang kita jelajahi, tetapi sesuatu yang kita bangun dengan cara menjalani masa sekarang sesuai dengan potensi kita.

READ  Membersihkan Karat Hati

Yang kita miliki hanyalah masa sekarang. Hari ini adalah hari yang berharga. Rengkuhlah! Jalani sepenuhnya! Hari ini yang dijalani sepenuhnya akan membuat masa lalu yang penuh keindahan dan masa depan yang penuh harapan. Hidup adalah apa yang terjadi hari demi hari, masa demi masa.

Arah adalah hal penting, tetapi fleksibilitas meng­izinkan kita menjalani hidup setiap hari sepenuhnya tanpa keluar dari visi yang kita miliki.

Setiap tarikan nyawa memperbarui hidup, dan ketika dihembus memberi kebahagiaan pada jiwa. Jadi setiap tarikan napas memiliki dua rahmat, dan setiap rahmat harus disyu­kuri.
Sa’di, Gulistan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *