Teknik Menghafal Tidak Sesuai untuk Anak Didik

Makin kompleksnya kehidupan masyarakat akibat berbagai perubahan yang bersumber pada berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, jugs mempengaruhi sistem pembelajaran di sekolah.

Menurut Prof. Conny Semiawan, ketika teknologi belum begitu cepat berkembang, metode adopsi masih dimungkinkan untuk menyerap teknologi itu. Anak didik belajar dari pengalaman dan perolehan informasi di sekolah, lalu melakukan penyesuaian yang diperlukan. Namun kini, kehadiran teknologi sudah dirasakan pada semua lingkup sosial. Oleh karena itu, pendekatan adopsi dan teknik menghafal yang tidak menyentuh makna persoalan menjadi kurang efektif.

Kadar keaktifan mental dalam setiap metode pem­belajaran itu berbeda. Teknik hafal-menghafal berada pada kadar keaktifan mental yang paling rendah, semen­tara teknik pembelajaran mengamati memiliki taraf keaktifan mental yang tinggi. Pembelajaran mengamati terdiri dari pengenalan, membedakan, mengklasifikasi­kan, membandingkan, mendeskripsikan obyek maupun situasi untuk kemudian dipahami dan diinterpretasikan menjadi kesimpulan.

“Pendidikan di sekolah diharapkan dapat mencari alternatif pembelajaran yang tidak menggurui, tapi mam­pu merangsang imajinasi dan kreativitas anak. Teknik pengenalan lewat menyanyi, umpamanya, merupakan salah satu cara yang jitu untuk mengajar anak didik yang masih kecil,” kata Conny.

Myrna Ratna M.

READ  4 Kiat Saat Mengajar Anak Membaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *